Efek Negatif Oprasi Caesar Bagi Anak (Menurunkan Imunitas) ? - 24 Jam Online

Breaking

24 Jam Online

Cerita Kehidupan "24 Jam Online"

test banner

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Tuesday, November 29, 2016

Efek Negatif Oprasi Caesar Bagi Anak (Menurunkan Imunitas) ?

Operasi Caesar kerap dipilih wanita untuk memudahkan persalinan. Namun demikian, wanita perlu waspada, ternyata operasi caesar juga berdampak negatif bagi sang bayi. Salah satunya adalah menurunnya imunitas atau kekebalan tubuh si kecil.

Bedah caesar umumnya di lakukan ketika proses persalinan normal melalui vagina tidak memungkinkan karena berisiko kepada komplikasi medis lainnya.

Walau kadang caesar terkesan lebih mudah dan meminimalisasi rasa sakit, namun ternyata operasi caesar juga mempunyai beberapa dampak yang harus dihadapi. Bahkan, cara lahir ini juga berdampak pada si kecil.

Ilustrasi Pemeriksaan Pasca Opeasi Caesar ( Foto @U-Report )

SESAK NAPAS

Masih menurut dr Risa Etika SPA, Dampak negatif dari operasi caesar yang bisa dialami anak adalah gangguan pernapasan. Anak bisa saja lahir dengan sesak napas jika tidak dilahirkan dengan cara normal.

"Hal ini dikarenakan anak tidak dilahirkan melalui vagina, maka ada kemungkinan bayi yang lahirmelalui operasi caesar akan lahir dengan sesak napas karena paru - paru bayi tersebut 'basah'," ujar dokter spesial anak itu.

Selain gangguan paru - paru tersebut, dr Risa menjelaskan, imunitas (daya tahan tubuh) anak juga dapat terganggu. Imunitas anak lahir normal dengan anak kelahiran operasi caesar tentu berbeda. Anak lahir normal akan lebih kuat daya tahan tubuhnya. hal ini dikarenakan anak tidak membawa mikrobiota ibu yang terdapat di dalam jalan lahir normal.

"Karena tidak lewat vagina, maka bayi tidak membawa mikrobiota dari ibunya. Padahal mikrobiota tersebut justru sangat baik untuk immunitas saluran cerna bayi baru lahir," jelas dr Risa.

ASI EKSKLUSIF

Seperti dijelaskan di atas, bayi yang dilahirkan dengan cara normal tingkat imunitasnya lebih dan akan membuat anak tidak mudah sakit. Sebaliknya dengan bayi normal, kemungkinan akan mudah sakit karena tingkat imunitas lebih rendah.

Namun, bagi Anda yang sudah terlanjur melakukan operasi caesar karena alasan medis, Anda masih dapat mensiasati kemungkinan tersebut. Masih menurut dr Risa, solusinya adalah ASI Eksklusif. "Segera lakukan IMD (Inisiasi Menyusu Dini) supaya bisa ASI Eksklusif," ucapnya.

Dr Risa menjelaskan, ASI sangat baik untuk kesehatan Anak dan meningkatkan imunitas anak. Hal ini dikarenakan kandungan ASI yang lengkap dan baik bagi anak. Pada ASI terdapat Secretory Ig-A dan Lactobacillus Bifidus yang akan melindungi bayi dari infeksi dan gangguan napas yang tadi sudah dijelaskan di atas.

Karena itu, ASI Eksklusif sangat disarankan, bukan hanya untuk anak yang dilahirkan secara caesar, namun juga anak yang dilahirkan secara normal. Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan terlebih dahulu saat membuat keputusan untuk melahirkan secara caesar. Anda harus mendiskusikan risiko dan manfaat yang ditimbulkan pascaoperasi kepada keluarga juga dokter. Risiko bedah caesar dianggap pantas dilakukan jika melahirkan normal akan membahayakan ibu dan bayi.

Post Top Ad

Responsive Ads Here